MEMPERKUAT TCP/IP TERHADAP SERANGAN DARI LUAR

6 April 2009 pukul 04:22 | Ditulis dalam Berita | Tinggalkan komentar
Tag: ,

logo-icon

Seperti yang sudah sama – sama kita ketahui fungsi TCP/IP dalam sebuah jaringan ialah mengatur dan membawa paket – paket data dari sebuah host komputer ke komputer host yang lain dan memastikan kebenaran paket – paket data yang akan dikirim tersebut. Dalam suatu jaringan fungsi TCP/IP ini sangatlah penting karena merupakan kontrol dari sebuah jaringan yang menghubungkan antara komputer satu dengan yang lain dalam jaringan internet.

Tapi ternyata fungsi TCP/IP ini dapat diserang dari oleh para tangan-tangan tak bertanggung jawab di dunia maya melalui serangan yang umum, yaitu serangan melalui DOS (Denial Of Services ), sehingga jika misalkan kita akan mengirimkan data kepada seseorang melalui internet yang dibawa TCP/IP sebagai transmisi protokol bisa saja diserang oleh para hacker yang ga bertanggung jawab, sehinigga data yang akan kita kirimkan tadi bisa diketahui olehnya, bahkan bisa mengetahui informasi mengenai komputer kita. Gawat bukan…..!!

Tentu saja kita ga ingin saat mengirim data atau email kepada seseorang, ternyata bisa diketahui oleh orang lain, namun jangan khawatir, ternyata ada ko cara supaya kita bisa memperkuat  TCP/IP komputer kita melalui setingan registry, karena komputer kita secara default mengatur settingan untuk fungsi TCP/IP. Berikut adalah cara – cara yang harus dilakukan untuk memperkuat TCP/IP komputer kita :

1.      Buka Run >> lalu ketikkan regedit.

2. Setelah jendela registry terbuka, navigasi ke HKEY_LOCAL _MACHINE \System\CurrentControlSet\Services\Tcpip\Parameters.

3.      Sehingga akan terbuka gambar seperti berikut :

12

4.      Kemudian buat beberapa DWORD  value baru (kalo belum ada) dengan cara klik menu edit pada jendela registry >> new >> DWORD value, dan buat nama dan setting value datanya masing-masing  seperti berikut ini :

–          EnableDeadGWDetect ( beri nilai value data : 0 )

–          EnableCMPRedirect ( beri nilai value data : 0 )

–          EnablePMTUDiscovery ( beri nilai value data : 0)

–          KeepAliveTime (beri nilai value : 300.000 )

–          NoNameReleaseOnDemand ( beri nilai value data : 1 )

–          PeformRouterDiscovery ( beri nilai value : 0)

–          SynAttackProtect ( beri nilai value data : 2 )

Setelah itu tutup jendela registry tadi dan silahkan restart komputer kita, agar settingan yang kita rubah tadi bekerja. Nah… secara otomatis komputer kita udah diprotect dari serangan DOS yang mungkin saja mengancam komputer kita..

Selamat mencoba..dan moga-moga bisa berguna….thanx…:-)

Catatan…(PENTING!!!)

Untuk perhatian… jika kita mengubah registry sebaiknya berhati hati, jika kita tidak paham apa yang harus anda rubah, jangan sekali-kali mencoba mengutak atik registy komputer, karena bisa mrngakibatkan system windows anda rusak…kalo rusak ya berabe donk..^^

Terpaksa kita harus me-repair windows bahkan kalo kerusakannya parah banget, terpaksa harus instal ulang deh…Repot bukan…??

Untuk itu sebelum kita ingin bermain-main dengan registry windows, sebaiknya lakukan back-up dulu file-file registry tersebut, caranya adalah sebagai berikut :

1. Buka jendela registry, caranya udah tau kan… Run >> regedit>> lalu OK

2.      Setela terbuka, klik menu file >> export… seperti gambar berikut :

253. Setelah tampil jendela Export Registry Files, pada tab file name beri nama file yang akan kita simpan, misalnya “backup“, dan pada tab save as pilih registration file (*.reg ), kemudian tentukan directory tempat kita akan meenyimpan file backup-an tersebut. Perhatikan gambar berikut :

3

4.      Jika sudah kita tentukan lokasi penyimpanan seperti gambar diatas, tinggal klik Save.

Kita bisa mengedit registry kita dengan tenang, jadi misalkan terjadi kesalahan dalam melakukan setting, kita bisa mengembalikan file – file registry yang sudah kita backup tadi. Dengan cara klik 2x file backup kita tadi dilokasi kita menyimpannya, lalu setelah itu kita akan ditanya apakah ingin meng-add file tesebut ke dalam settingan registry, klik Yes. Dan file-file registry kita bisa kembali seperti semula lagi..

Semoga bermanfaat….^_^

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: